Cara Ternak Dan Merawat Ayam Mutiara

Cara Ternak Dan Merawat Ayam Mutiara – Ayam Mutiara atau yang biasa dimaksud dengan Guinea Fowl ialah salah satunya type unggas yang brasal dari Afrika.

Tetapi tidak tutup peluang bila ayam mutiara dapat terbang seperti burung karena type ayam ini termasuk juga type burung (aves). Ayam mutiara ini sebenarnya sama juga dengan varietas ayam belanda, yang membedakannya ialah ukuran tubuhnya yang lebih kecil sampai beberapa orang yang kenal ayam mutiara ini dengan sebutan ayam piru atau ayam api-api. Di habitat aslinya ayam mutiara hidup dengan bergerombol di semak-semak sabana.

Ayam Mutiara ialah type unggas yang banyak dikembangbiakkan menjadi type ayam hias. Beberapa orang pelihara ayam hias mutiara ini karena ayam mutiara mempunyai bentuk badan serta warna bulu yang menarik bila Anda lihat. Salah satunya jadi kekhasan dari ayam ini ialah bulunya yang dihiasi dengan bintik-bintik seperti mutiara. Bukan hanya bulunya yang indah ayam ini dapat mempunyai kekhasan yang lainnya yakni suaranya yang nyaring. Karena ayam mutiara ialah type ayam hias, karena itu tidaklah heran harga nya tambah tinggi bila dibandingkan dengan harga ayam mengkonsumsi. Harga nya memang berbagai berdasar pada daerahnya semasing.

Ayam Mutiara terbagi dalam beberapa type yang dibedakan menurut dengan warnanya diantaranya berwarna abu-abu, Royal Purple, putih, serta cokelat. Dalam perubahannya ayam mutiara banyak dikawinsilangkan dengan ayam type yang lainnya, sampai tipe ayam mutiara makin banyak.

Dalam pemeliharaan ayam mutiara termasuk gampang, karena ayam ini adalah ayam pemakan semua atau omnivora. Ayam Mutiara biasa mengkonsumsi rumput, dedaunan, cacing serta serangga. Akan tetapi bila Anda ingin pelihara ayam ini di seputar rumah dapat dengan dikasihkan pakan sama pula dengan type ayam yang lain, seperti makanan bekas nasi, bekatul, konsentrat, BR atau sayuran yang dicampurkan lewat cara di potong kecil-kecil. Anda bisa pikirkan langkah pelihara ayam mutiara benar-benar demikian mudahnya.

Ayam Mutiara termasuk juga ayam yang cukuplah unik, hal seperti ini karena ayam mutiara cuma bertelur waktu musim hujan saja. Ayam mutiara bertelur cuma pada musim hujan saja serta hal seperti ini jadi rintangan sendiri buat peternak ayam mutiara. Ayam Mutiara akan bertelur waktu berumur diatas 6-7 bulan. Dalam sekali bertelur, ayam mutiara dapat membuahkan telur seputar 50 sampai 100 butir. Memang jumlahnya yang cukuplah banyak. Akan tetapi tidak semua ayam mutiara dapat bertelur sekitar itu, karena gizi yang diserap oleh badan ayam pada satu dengan yang lain berlainan.

Telur ayam mutiara akan menetas dalam periode waktu 28 hari, berlainan dengan ayam type yang lain yang waktu pengeramannya cuma 21 hari. ayam mutiara termasuk juga ayam yang tidak pintar bertelur mka dari itu semestinya telur mutiara ditetaskan memakai indukan ayam yang lainnya atau mungkin dengan memakai mesin penetas telur. Akan tetapi banyak diantara peternak ayam memakai mesin penetas untuk menetaskan telur. Keuntungan yang di bisa waktu Anda mengeramkan telur dengan memakai mesin penetas ialah Anda dapat menyiapkan kembali indukan untuk dikawinkan sesudah 2 minggu melalui waktu bertelur.

Kandang yang dibikin sama pula dengan kandang ayam biasanya, akan tetapi alangkah lebih baik bila pada siang hari ayam Anda terlepas di sekitaran kandang, jangan pernah lupa beri pagar atau jaring paranet untuk menahan ayam mutiara lepas. Faedah Ayam Mutiara Anda bebaskan pada siang hari ialah memerhatikan bulu ayam mutiara supaya tidak lembab serta memerhatikan supaya bulu ayam mutiara masih indah. Didalam kandang semestinya beri tenggeran, karena pemberian tenggeran demikian baik buat ayam mutiara karena dapat menahan ayam terserang penyakit.

Baca Juga : Hindari Kesalahan Memandikan Ayam Aduan philipine

error: Terima Kasih

Agen Sabung Ayam Online