Cara Perawatan Agar Suara Ayam Pelung Tetap Merdu

Cara Perawatan Agar Suara Ayam Pelung Tetap Merdu – Ayam Pelung adalah ayam hias yang berasal daerah Cianjur Jawa Barat, ayam pelung termasuk juga ayam hias yang banyak di kembangkan didaerah asal Ayam Pelung ada.

Ayam ini mempunyai kekhasan dibagian suaranya, waktu berkokok suaranya akan terdengar merdu serta indah. Sering ayam pelung diikutkan dalam arena kontes nada Ayam Pelung.

Walaupun Ayam Pelung sebetulnya merupakan ayam lokal seperti type ayam kampung biasanya, namun buat beberapa penghobinya ayam pelung termasuk juga ayam hias yang unik. Banyak di sekitar rumah kita yang pelihara ayam kampung, akan tetapi nada kokoknya dari beberapa macam ayam kampung itu hampir serupa. Itu kenapa ayam pelung dinilai mempunyai nada kokok yang unik, karena nada kokok ayam pelung berlainan dengan nada kokok ayam kampung biasanya.

Waktu pelihara Ayam Pelung, terpenting buat beberapa penghobinya kekhasan nada demikian terpenting buat mereka tidak cuma postur badan ayamnya. Nada kokok yang dibikin seharusnya unik serta merdu waktu didengar. Akan tetapi nada kokok itu harus juga dirawat agar masih merdu, karena bisa jadi yang awalannya nada kokoknya bagus jadi tidak merdu karena sisi perawatan yang tidak baik.

Itu langkah merawatnya Ayam Pelung Supaya Suaranya Teteap Merdu

Pemberian Multivitamin
Karena ayam pelung dijaga biasanya untuk di nikmati nada kokoknya. Umumnya ayam pelung akan dikasihkan multivitamin untuk memerhatikan badan serta memerhatikan nada kokoknya.

Diluar itu buat ayam pelung yang seringkali dikonteskan umumnya akan dikasihkan jejamuan atau ramuan herbal yang bisa memerhatikan stamina badan, naikkan nafsu makan serta mempercantik suaranya.

Beri Pakan yang Sama pula dengan
Dalam pemberian pakan setiap harinya beri pakan dengan kombinasi seperti beras merah, kacang hijau serta gabah. Diluar itu ada juga beberapa macam buah-buahan yang bisa memerhatikan nada kokoknya diantaranya

Pisang bisa berguna untuk menghaluskan serta melembutkan nada kokoknya
Jeruk bisa menyembuhkan serak-serak di dalam tenggorokannya
Tomat berguna untuk mendinginkan serta menghilangkan lendir yang berada di tenggorokan
Pepaya lakukan tindakan untuk membuat lancar pencernannya

Perawatan Kandang
Perawatan kandang jadi awal perawatan nada kokok ayam pelung. kandang juga jadi sisi semangat atau tidaknya ayam pelung berkokok. Umumnya ayam mulai ada pertanda bisa berkokok yakni pada usia 5 bulan. bikinlah Papan untuk menempati yang terbuat dari kayu. Diluar itu masih tetap jagalah kebersihan kandang, apa pun yang ada di sekitar kandang demikian miliki dampak buat nada kokoknya, karena ayam pelung senang mematuk benda apa pun yang ada di sekelilingnya. Waktu ada benda yang miliki dampak masuk dalam tenggorokannya tentu saja akan mengakibatkan rusaknya kokok yang awalannya merdu.

Baca Juga : Rahasia Merawat Ayam Bangkok Agar Tangguh

error: Terima Kasih

Agen Sabung Ayam Online