Cara Membedakan Ayam Serama Dan Ayam Kate

Cara Membedakan Ayam Serama Dan Ayam Kate – Ayam kate dan ayam serama adalah ayam hias yang banyak dijaga di Indonesia. Permulaannya, ayam kate sudah terlebih dulu di ketahui sebagian orang sampai populasinya sangat banyak.

Lantas ada lagi ayam serama yang memiliki bentuk badan dan ekor yang juga sama dengan ayam kate namun berbeda bukan sekedar dada dan ukuran tubuhnya. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini adalah perbedaan ayam kate dengan ayam serama.

Ayam Serama :

Bentuk badan lebih kecil, untuk ayam serama asli dewasa badannya hanya satu kepalan tangan orang dewasa
Ada dari Malaysia
Dada membusung
Kepala hampir menyentuh ekor waktu membusung
Warna biasanya adalah hitam atau merah
Berat badan sekitar 350gr – 500gr
Kaki kecil, pendek, tapi tidak cebol
Ciri serama yang bagus adalah ekor yang cantik, berdada tegak kepak syap lurus ke bawah.
Hewan peliharaan yang jinak, manja dan kenal pemiliknya
Mempunyai tingkah yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang, energik dan lucu waktu berjalan membusungkan dada

Ayam Kate :

Umumnya bentuk badan semakin besar
Dadanya lurus (tidak menonjol)
Warna beberapa jenis, ada yang putih
Berat badan jantan diatas 500gr
Umumnya kakinya kecil, mungil, kekinya pendek. Namun ada juga yang panjang kakinya
Ciri punggung ayam kate pajang, tidak demikian tegam dan terkesan cebol.
Berasal (endemik dari banyak daerah) semasing daerah memiliki tipe ayam kate yang berbeda.

Untuk saat ini, ayam serama sering diadakan kontes untuk kota-kota spesifik. Hal ini karena ayam serama memiliki beberapa ciri pemberani, yaitu membusungkan dadanya waktu berjalan.

Memperhatikan pergantian pengagum atau penghobi ayam kate memang alami set yang naik turun, merkea masih membidik tipe ayam kate yang bagus tentunta. Sampai hal ini kadang membuat harga ayam kate yang kadang terlihat tidak wajar untuk sebagian orang. Namun apalah di kata waktu hobi sudah datang puncak yang seperti harus di penuhi ayam kate dengan harga fantastis juga di beli dengan senang hati.

Jika kita sempat memelihara ayam kate untuk makanan ayam kate sendiri tidak demikian sulit kan?. Benar, cukup memberi makan seperti seperti ayam umumnya. Dan hal ini lah yang buat jadi semangat sendiri buat yang menyukai pada ayam tipe mungil yang lucu ini.

Buat kelompok-kelompok atau bisa di kata penduduk perkotaan kandang ayam kate memang terkadang menjadi masalah namun hal ini tentu saja dapat di solusikan dengan tidak memelihara ayam kate umumnya. Anda tinggal cocokkan banyaknya ayam dengan ruangan yang ada. Memang untuk beberapa penghobi ayam yang tidak memiliki tempat yang luas memelihara ayam kate ialah pilihan yang pandai dan cocok.

Waktu Anda lihat ternak Anda mulau bertelur itu akan buat jadi momen kebahagian sendiri. Ayam kate bertelur biasanya sekitar 8 sampai 15 butir dan induknya dapat juga mengerami telur nya dengan baik. Ada memang beberpa tipe unggas yang tidak lihai dalam mengeram namun tipe ayam kate dapat mengeram dengan baik dan membutuhkan waktu sekitar 21 hari dalam selanjutnya.

Baca Juga : Cara Ternak Dan Merawat Ayam Mutiara

error: Terima Kasih

Agen Sabung Ayam Online